Pilih Blogspot atau Wordpress ?

Ketika ingin memulai aktivitas Blogging, pilihan yang harus dilakukan oleh Seorang Blogger adalah memilih platform. Apakah blogger (blogspot) atau wordpress, yang akan menemani Blogger tersebut menempuh kehidupan di Dunia Maya. Tapi dalam menjalankan sebuah Blog tidak terbatas dengan hanya menggunakan Blogspot atau WordPress, masih banyak platform lain yang bisa kamu gunakan. Tentu harus ada alasan tertentu ketika kamu memutuskan untuk mengggunakan sebuah platform. Berikut ini Metal Cangkir coba jabarkan sedikit alasan yang mungkin dapat menjadi referensi untuk memulai aktvitas Blogging, atau ingin berpindah haluan Platform.

Alasan Memilih Blogger.com (blogspot)
  • Blogspot Mudah Edit Template
    Sebagian orang tidak begitu paham bagaimana cara edit Template Wordpress. Mungkin karena file template wordpress yang terpisah-pisah dan menggunakan PHP. Berbeda halnya dengan blogspot yang lebih mudah dalam Peng-editan template, juga interface-nya yang mudah dipahami user. Ada dua cara untuk edit Template pada blogspot, yaitu edit html dan edit dengan pengubahsuaian yang tersedia untuk yang tidak memahami html. Sangat membantu karena template yang akan kamu gunakan akan langsung terlihat di kotak bawah sebelum kamu benar-benar akan menerapkannya.
  • Blogger Newbie
    Untuk seorang pemula mungkin akan cenderung menggunakan Blogspot, karena kemudahan dalam peng-operasiannya dan kenyamanan saat akan melakuakan perubahan tampilan seperti Edit Template. 
    Selain itu banyak juga tutorial yang diajarkan memalui blog atau ebook tentang tata cara membuat blog dengan Blogger (blogspot). Jadi pilihan pertama yang akan digunakan seorang blogger pemula adalah Blogspot. Dan sepertinya memang lebih banyak Blogger yang meagajarkan turorial Blogspot dari pada Wordpress.
  • Tidak Perlu Sewa Hosting
    Inilah salah satu kelebihan yang diberikan blogger.com, dari segi biaya, blogspot tidak mengambil sewa pertahun dan sebagainya. Jika di atur dengan costum domain yang lain cukup membayar harga domain saja dan untuk custom domainnya pun di bilang mudah dan tidak repot sedang di wordpress.com perlu biaya tambahan untuk costum domain yang akan dirubah. Sama halnya jika kamu ingin menggunakan CMS Wordpress.org, kamu harus menyewa Hosting untuk upload file-file Wordpress dan juga membeli Domain.
  • Komentar blogger tidak bisa diedit
    Saya tidak tahu apakah ini kelebihan atau kekurangan. Dengan Komentar yang tidak bisa diEdit itu bukti bahwa komentar yang diberikan tidak ada unsur rekayasa,  tapi apa jadinya bila komentar yang diberikan berbau SPAM ? Mau tidak mau kamu harus menghapusnya jika tidak ingin komentar itu muncul di artikelmu.
  • Komentar tidak bisa dipalsukan
    Apabila berkomentar di blogspot, pilihan pertama untuk yang memiliki akun blogger adalah profil di blogger. Setiap profil memiliki nomor seri yang berbeda sehingga komentar yang menggunakan profil blogger tidak bisa dipalsukan oleh blogger lain.
  • Spam filter
    Banyak orang yang menggunakan verifikasi di kotak komentarnya dengan alasan menghindari komentar spam yang masuk padahal di blogger sendiri sudah ada spam filter. Jangankan spammer, yang bukan spammer saja bisa dimasukkan ke kotak spam, apabila dicurigai mengirim komentar di blog yang sama dalam waktu yang berdekatan berkali-kali.

Alasan Memilih Wordpress
  • Berbasis Open Source
    Banyak yang bilang wordpress mempunyai kelebihan dalam hal lisensi yaitu lisensi GPL. Jadi dengan mudah kita memodifikasinya. Akan tetapi banyak yang tidak berfikir, dengan adanya open source maka akan semakin rentan terhadap serangan. Sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau blog wp sering kena serangan hack, inject yang kadang sangat merugikan. Kalau blogspot jelas selama tidak ketahuan username dan password menjadi sangat sulit untuk di serang, dan bukan berarti blogspot tidak bisa diserang.
  • Kustomisasi
    WordPress mempunyai keunggulan pada Content Management System (CMS) sehingga kita dengan mudah mengubahnya. Akan tetapi karena kemudahan inilah kadang orang lupa masih menggunakan akun default dalam install, menggunakan theme semaunya dan yang paling parah adalah menggunakan theme yang sudah di sertai script inject, grab, sending post dll. Kalau blogspot mau inject bagaimana? paling hanya javascript itupun di template mudah membuangnya. Kalau di wordpress akan sulit apalagi jika di encrypt.
  • Plugin
    Wordpress sangat banyak plugin yang di supportnya, banyak pengembang plugin untuknya. Tetapi lagi lagi banyak yang memanfaatkan plugin ini. Kadang untuk mencari backlink, mengambil data. Kalau blogspot belum ada plugin yang bisa di install, hanya saja kita bisa mengakalinya.
  • Themes
    WordPress memiliki koleksi Theme yang sangat banyak, sehingga pilihan untuk tampilannya sangat beragam. Namun bukan berarti ini tidak menimbulkan masalah, ketika kita tertarik untuk menginstall theme gratisan, kadang ada juga orang yang curang didalamnya. Jika mengenai banyaknya theme maka blogspot juga tidak kalah banyak sekali theme yang tersedia. Namun menurut saya pembuatan theme blogspot jauh lebih mudah di banding wordpress.
  • Search Engine Optimation
    Banyak orang beranggapan dalam hal ini wordpress akan lebih baik di banding blogspot. Namun menurut saya sama saja. Entah wordpress atau blogspot perlakuannya tetap sama saja. Yang pasti crawl google tetap membaca htmlnya bukan cmsnya. Lihat saja di posisi serp google. Apa emang CMS wordpress yang selalu menang ?

 Sekarang tinggal pilihan mana yang akan kamu ambil ? Sebenarnya semua Platform memiliki keunggulan masing-masing, semuanya tergantung dari blogger itu sendiri dalam memperlakukan blog yang mereka kelola. Tapi untuk Metal Cangkir pribadi lebih suka menggunakan Blogger.com (blogspot) disamping gratis juga keamanan yang terjamin.
Sekian tips yang Metal Cangkir sampaikan, kurang lebihnya mohon di maklumi.

referensi : bloggersragen.com
Pilih Blogspot atau Wordpress ? Pilih Blogspot atau Wordpress ? Reviewed by Metal Cangkir on 3/29/2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.